4 Tips Menciptakan kelas online yang interaktif di tengah pandemi Ala Singapura

Event Virtual Live streaming jakarta Citra Mandiri Kreatif

Sebuah Riset menunjukkan bahwa murid dan mahasiswa akan belajar lebih baik ketika mereka terlibat secara aktif, dari pada hanya mendengarkan materi dari pengajar secara pasif. Namun, pandemi COVID-19 telah memaksa terjadinya hal yang tidak kita bayangkan sebelumnya yaitu kelas online atau daring menggantikan proses belajar konvensional tatap muka.

Belajar dari pengalaman Sebuah Universitas yang selama tiga tahun terakhir, tim dosen dan asisten pengajar di National University of Singapore berhasil mengembangkan mata kuliah dan sistem pengajaran yang mampu membuat mahasiswa yang terkenal enggan berpartisipasi dalam kegiatan di kelas – menjadi lebih aktif.

Ketika memindahkan kelas untuk diajar sepenuhnya secara online, akan mendapatkan banyak pelajaran terkait bagaimana mempertahankan keterlibatan dan interaksi siswa yang sudah susah payah di ciptakan.

Berikut tips dan cara dalam menerapkan Kelas online secara efektif dan menyenangkan bagi para siswa sampai ke jenjang Mahasiswa :

Menguatkan interaksi antara murid dan guru

Ketika murid dan guru terpisahkan oleh jarak, menciptakan hubungan antara keduanya menjadi hal yang semakin penting.

Sembari mahasiswa menunggu kelas daring dimulai, kami menggunakan fitur obrolan untuk menanyakan kabar mereka. Pada pertemuan pertama, kami juga memperkenalkan mereka dengan silabus dan persyaratan mata kuliah.

Koneksi yang dibangun di awal membuat mereka merasa lebih nyaman menggunakan media daring ini untuk bertanya dan mengajukan komentar selama kelas berlangsung.

Selain itu, kami mengingatkan para murid untuk senantiasa menyalakan video mereka. Hal sederhana ini membuat mereka merasa lebih bertanggung jawab untuk memperhatikan jalannya kelas dan lebih termotivasi untuk menghindari godaan-godaan yang kerap muncul ketika belajar dari rumah.

Tenaga pengajar juga harus mengoptimalkan teknik komunikasi mereka, termasuk memastikan bahwa suara, pencahayaan, dan video berkualitas tinggi.

Kami menyarankan untuk memposisikan kamera tepat di depan monitor, sejajar dengan mata. Hal ini memungkinkan kami untuk melihat para mahasiswa, tidak ke laptop atau catatan.

Berdiri selama berjalannya kelas juga memungkinan para tenaga pendidik untuk mengekspresikan diri menggunakan bahasa tubuh dan tangan. Bahkan ketika sudut pandang kamera hanya menampilkan kepala dan pundak, murid masih dapat melihat gerakan tubuh dan hal ini membantu mengomunikasikan pesan yang ingin kami sampaikan.

Rencanakan beberapa ‘kuis interaktif’ yang dapat dijawab secara real-time

Tanggapan secara rutin dan real-time dari siswa sangat membantu memahami pendapat mereka dan juga mengukur sejauh mana mereka memahami materi.

Tanggapan langsung memungkinkan kami untuk menyelaraskan pelajaran berikutnya agar sesuai dengan tingkat pemahaman mahasiswa sehingga membuat mereka tetap semangat untuk terlibat. Sebagai contoh, jajak pendapat yang berlangsung selama proses pembelajaran ini dapat berwujud pertanyaan, kuis, atau survei singkat yang tidak dinilai.

Para mahasiswa senang melihat tanggapan-tanggapan secara real-time dari teman-temannya. Kita dapat menggunakan situs Poll Everywhere, tapi terkadang juga menggunakan layanan interaktif lain seperti Mentimer, dan Kahoot! ketika kami membutuhkan fitur-fitur yang berbeda untuk kuis interaktif. Ataupun mengajak tim EO Profesional yang bisa setting kegiatan pembelajaran atau seminar secara menarik.

Investasi yang layak (Perlengkapan memadai)

Menjaga semangat siswa agar tetap terlibat dalam kelas virtual lebih menantang karena sulit untuk menangkap ‘sinyal-sinyal’ yang umumnya diperoleh dalam suasana kelas tradisional: mengetahui ketika siswa terlihat tersesat, terganggu atau bingung, dan kapan waktunya harus mempercepat atau memperlambat laju pengajaran.

Dengan memanfaatkan teknik mengajar dan layanan Kelas online yang tersedia secara efektif, tenaga pendidik dapat menyampaikan pelajaran yang menarik dan menciptakan suasana interaksi yang hangat antara tim pengajar dengan mahasiswa.

Oleh karena itu, mendorong para tenaga pendidik untuk senantiasa memperluas wawasan mereka terkait berbagai metode pembelajaran interaktif. Meskipun akan membutuhkan banyak waktu dan tenaga, hal ini merupakan investasi yang penting untuk dilakukan.

Manfaatkan interaksi antar siswa

Di kelas ini, kita dapat memastikan bahwa siswa dapat berinteraksi dengan nyaman, mengajukan pertanyaan dan berkontribusi dalam kelompok, jauh lebih sering daripada di ruangan kuliah besar.

Salah satu langkah yang dapat di lakukan adalah membagi siswa atau mahasiswa ke dalam kelompok kecil dan mengharuskan mereka bekerja sama untuk menjawab permasalahan yang diberikan oleh tim pengajar.

Itulah mengapa memastikan adanya kerja kelompok menjadi lebih penting di dalam kelas online atau virtual. Kerja kelompok memungkinkan siswa untuk memperdalam pemahaman mereka tentang materi-materi yang diajarkan di kelas. Kami menentukan anggota dari masing-masing kelompok, dan ini bertahan hingga akhir mata kuliah.

Jika saat ini lembaga/Perusahaan mencari jasa event organizer untuk melangsungkan Virtual event ataupun live streaming yang profesional serta berkesan, Sobat dapat menghubungi Citra Mandiri Kreatif yang telah memiliki pengalaman mengadakan berbagai event-event besar di seluruh Indonesia.

Scroll to Top