Tren Event Musik Hingga Komunitas Platform Di 2022

Citra Mandiri Kreatif EO Jakartra Timur Branding dan multimedia production

Melansir Instagram, untuk pertama kalinya platform media sosial mencoba merilis laporan yang berisikan prediksi tren industri event di 2022. Dalam laporan menggunakan survei YPulse, sebuah lembaga riset dan insight khusus Milenial dan Gen Z. 

Dimana Instagram menyebut konser live stream, mobile gaming, hingga home eco friendly bakal ‘hype’ di tahun ini. Menurut data, sebanyak 1.200 pengguna media sosial Mingguan berusia 13-25 tahun di Amerika Serikat meminati beragam jenis event online. 

Di Indonesia, beberapa prediksi tren industri 2022 menurut beberapa sumber menghasilkan kemungkinan sejumlah kategori yang bisa trending dalam waktu dekat.

MICE

Rutinitas pada setiap kegiatan, menjadikan beberapa program MICE yang dilakukan secara online yang unik dan menarik. 

Manajemen tiket event solution KiosTix mencatat lebih dari ratusan ribu tiket terjual di kategori MICE yang mencakup, Webinar, Workshop, Pelatihan Online, hingga Kelas Kesehatan.

Data ini terus meningkat dari tahun sebelumnya di masa pandemi.

Musik Performance

Pandemi yang masih belum berakhir ini rupanya terus dibenahi oleh pemerintah supaya perekonomian tetap berjalan. Siapa sangka, dari beberapa izin yang dikeluarkan oleh pusat, event creator dapat memaksimalkan pedoman yang berlaku. 

Selama ini konser musik virtual telah membawa penggemar selama pandemi. Sementara, Instagram mencatat hampir 24 persen pengguna menyukai kehadiran event virtual.

Sedangkan untuk secara keseluruhan, penggemar menanti kehadiran event musik performance (offline). Hal ini juga dicatat oleh Instagram sebanyak 41 persen dari responden 13-24 merupakan kelompok penggemar band maupun penyanyi.

Musik performance memang sangat digemari oleh penggemar Milenial dan Gen Z. Mereka menilai aktivitas dan nuansa ruang terbuka lebih berkesan untuk menyaksikan idola berada di atas panggung. 

Selain itu yang pastinya ambience musik performance masih mengundang rasa penasaran di setiap event.

Video Games

Sudah bukan rahasia lagi kalo industri video game menjadi industri kalangan Milenial dan Gen Z selama 2021. Suguhan game-game seru dengan pasar yang besar menjadikan momentum di tahun 2022. 

Bagaimana tidak? Industri game sepanjang satu dekade terakhir telah menargetkan beberapa game untuk terus ditingkatkan seperti Eleden Ring, God of War Ragnarok, Suicide Squad, hingga Pokemon Legends untuk mendapat kepastian rilis. 

Siap-siap untuk pecinta gamer mobile ataupun console yang berharap realisasinya nanti.

Wisata Alam

Sejak pandemi dimulai, orang-orang sebagian besar berada di dalam ruangan, menonton video, hingga kejenuhan. Tapi sekarang, dengan vaksinasi dan suntikan booster yang sudah tersedua, wisatawan berharap untuk hari-hari perjalanan yang lebih baik pada tahun 2022. 

Permintaan untuk tujuan alam diperkirakan akan meningkat karena orang-orang telah jenuh setiap hari berada di dalam ruangan.

Salah satu yang bakal menjadi destinasi favorit adalah pegunungan, pantai dengan kenyamanan homestay atau berkemah sesuai dengan tujuan wisata. Di samping itu, perjalanan tambah mudah dan nyaman dengan teknologi yang mengubah setiap aspek yang dibutuhkan saat ini. 

Dari memesan tiket perjalanan, hotel, bahan makanan, hingga ‘guide’ yang siap menemani. Bagi yang masih ragu untuk berpergian jauh, perjalanan virtual masih tetap digelar untuk kamu.

Platform Komunitas

Belakangan ini para pelaku bisnis marak membuat grup komunitas di platform media sosial mainstream. Di tahun ini, platform tersebut mulai terlihat batasan pengguna dalam beberapa kegiatan mereka. 

Sehingga para creator mulai memikirkan beberapa alternatif platform berbasis komunitas untuk mengatasi keterbatasan itu.

Platform komunitas memiliki fitur-fitur unggulan, seperti Detailed Data Analytics yang dapat memantau aktivitas komunitas, seperti post engagements dan perilaku member.

Advance Marketing Tools yang dapat membantu mengelola aktivitas komunitas, termasuk Omni Channel Autoresponder seperti Email, SMS, Push Notifications, Inbox dan Event Management. 

Serta fitur Growth Hacks Tools yang akan membantu meningkatkan jumlah anggota dengan menggunakan fitur Marketing Automation yang terhubung ke Facebook dan Google.

Jadi, pengguna atau admin suatu organisasi bisa dengan mudah mengatur jadwal acara, sehingga di prediksi dalam waktu dekat platform komunitas bakal menjadi tren.

Sobat dapat menghubungi Citra Mandiri Kreatif yang telah memiliki pengalaman mengadakan berbagai event-event besar di seluruh Indonesia. Ciptakan momen menarik di awal tahun 2022 sembari mempersiapkan tim hebat untuk kemajuan Perusahaan.

Scroll to Top